Selasa, 14 Juni 2011

SINOPSIS NOVEL SALAH ASUHAN

Ada seorang laki-laki keturunan asli Minangkabau bernama Hanafi, yang berpendidikan tinggi tetapi berpandangan kebarat-baratan. Bahkan selalu menganggap rendah bangsanya sendiri. Dan ada seorang gadis keturunan Indo-Belanda bernama Corrie de Bussee yang cantik, dan menjadi dambaan semua pria yang mengenalnya. Corrie dan Hanafi berteman sejak kecil. Karena selalu bersama maka mereka pun saling jatuh cinta. Akan tetapi, cinta mereka tidak bisa disatukan karena perbedaan bangsa. Jika orang Bumiputera menikah dengan keturunan Belanda maka mereka akan dijauhi oleh keluarganya dan orang lain. Karena tidak ingin ini semua terjadi maka, Corrie pun akhirnya pergi dari Minangkabau ke Betawi. Ini semua ia lakukan untuk menghindar dari Hanafi dan untuk meneruskan sekolahnya. Kepergian Corrie ke Betawi membuat Hanafi merasa bahwa Corrie tidak mau menerima cintanya.
Pada suatu hari, ibu Hanafi ingin menikahkan Hanafi dengan sepupunya yang bernama Rapiah. Rapiah adalah gadis Minangkabau yang sederhana, berperangai halus, dan taat pada tradisi dan adat sukunya. Ibu hanafi menjodohkan Hanafi dengan Rapiah untuk membalas budi pada ayah Rapiah yaitu Sutan Batuah yang telah membantu membiayai sekolah Hanafi. Hanafi sebenarnya tidak mencintai Rapiah. Akan tetapi karena bujukan dari ibunya, maka dengan terpaksa Hanafi pun mau menikah dengan Rapiah. Karena Hanafi tidak mencintai Rapiah maka di rumah Rapiah hanya dianggap dan diperlakukan seperti pembantu oleh Hanafi. Apabila ada teman-teman Hanafi orang Belanda yang datang ke rumahnya maka Hanafi mungkin menganggap bahwa Rapiah itu tidak ada. Tetapi mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Syafei.
Suatu hari Hanafi digigit anjing gila, maka dia harus berobat ke Betawi sampai sembuh. Dan akhirnya di Betawi dia dipertemukan kembali dengan Corrie. Di Betawi Hanafi dan Corrie pun menikah dan mengirim surat pada ibunya bahwa dia akan menceraikan Rapiah. Ibu Hanafi dan Rapiah pun sangat sedih. Walaupun Hanafi telah menyakiti hati Rapiah, tetapi Rapiah tetap sabar dan tinggal bersama dengan ibu Hanafi.
Hanafi mengira bahwa jika dia menikah dengan Corrie maka dia akan merasa bahagia. Akan tetapi dalam kenyataannya perkawinannya dengan Corrie tidak bahagia. Sampai-sampai Corrie dituduh suka melayani laki-laki lain oleh Hanafi. Hal ini membuat Corrie sakit hati dan akhirnya ia memutuskan untuk pergi dari rumah menuju Semarang. Di sana ia menderita sakit Kholera dan akhirnya meninggal dunia. Hanafi menyesal telah menyakiti hati Corrie dan sedih sekali karena kematian Corrie. Setelah kejadian itu, maka Hanafi pun pulang ke kampung halamannya di Minangkabau untuk menemui ibunya. Di rumah Hanafi pekerjaannya hanya merenung saja dan tidak bergairah. Lalu Hanafipun jatuh sakit dan akhirnya dia meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar